Google Translate

Selasa, 10 November 2009

Ultimatum Valentino Rossi


Ketidaksukaan Valentino Rossi atas pilihan Yamaha untuk memperpanjang kontrak Jorge Lorenzo di musim 2010, semakin terbuka. Vale memberikan pilihan kepada Yamaha, dirinya atau Lorenzo untuk musim 2011.

Ultimatum ini menjadi kabar terakhir tentang kemungkinan Vale hengkang dari Yamaha musim depan. Apalagi, kabar Ducati tertarik untuk menggaet juara dunia 9 kali ini juga semakin santer terdengar. Di sela-sela GP Valencia, dalam wawancara dengan BBC, Vale mengungkapkan ini secara terang-terangan.

"Yamaha harus menentukan, saya atau Jorge untuk 2011. Saya punya opsi menarik untuk bergabung dengan Ducati," cetusnya.

Di GP Malaysia akhir bulan lalu, isu ini juga santer terdengar, tapi Vale masih menahan diri dengan membantah rumor ia mendapat tawaran dari Ducati. Dalam konferensi pers untuk Yamaha menyusul gelar juara dunia bagi Vale dan Yamaha, di Sirkuit Sepang, Lin Jarvis, Yamaha Motor Racing Managing Director, juga mengisyaratkan bahwa mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan Vale.

"Saya tidak bisa ungkap seperti apa tawaran yang kami berikan kepada Valentino untuk bertahan di Yamaha, tapi saya pastikan saya akan berusaha untuk mempertahankannya tetap di Yamaha hingga ia pensiun," tegas Jarvis kala itu.

Jika memang semua ucapan, baik dari Vale maupun Jarvis, bisa dipercaya, bisa jadi Lorenzo yang akan terbuang. Apalagi di musim ini, sebelum Lorenzo memperpanjang kontrak dengan Yamaha, pembalap Spanyol ini mendapat tawaran dari pabrikan lain, Honda.

Vale sendiri tidak terlalu suka punya rekan satu tim yang sekaligus menjadi pesaingnya. Sepanjang karirnya, baru kali ini rekan satu tim Vale menempati posisi kedua di klasemen dan menjadi pesaing terberat Vale. Walaupun, secara operasional Lorenzo memiliki tim sendiri dan kegiatan tim Vale dan tim Lorenzo tidak saling terkait. Meski demikian, tetap saja dari sisi pengembangan motor keduanya saling berbagi secara tidak langsung. Ini inti masalah yang tidak disukai Vale, yaitu harus membangun motor yang akhirnya dipakai juga oleh pesaing terdekatnya.

0 komentar: